Sunday, June 24, 2007

e.n.d.l.e.s.s t.h.o.u.g.h.t


Tadi gw baru aja nonton Princess Mononoke atau Mononoke Hime. Salah satu anime garapan Ghibli.

Kali ini temanya bener2 ngena banget, padahal tu anime jadul dari taon kuda.

Simpel sih, intinya relasi manusia dengan alam (baca: hewan & tumbuhan plus elemen2 alam laennya)

Gw sih ga mao review ni film. Gw cm mo share pemikiran gw aja. Ampir sama dg kondisi manusia-alam di film itu dengan kondisi manusia-alam di dunia nyata sini.

Nonton Mononoke Hime jadi inget global warming. Yup, issue paling santer sejagat. As human, kita mustinya udah tau sedari dulu, klo kita ngeksploitasi alam (bisa dibaca: ngerusak), pada akhirnya manusia sendiri yg rugi.

Klo gw pikir2, alam tuh adil banget sama manusia. Dy udah ngasih segala daya buat manusia. Tapi sebagian besar manusia justru gak tau diri. Dikasi makin ngelunjak. Manusia gak pernah puas (akhirnya gw bisa make salah satu teori ekonomi =P)

Sepanjang pemikiran gw, manusia tuh semakin pinter, semakin goblok pula. Kenapa gw bisa menarik kesimpulan demikian?

Karena, dengan otaknya manusia nemu berbagai teknologi dahsyat. Tapi dengan gak pake otak pula lah, manusia ngerusak alam dengan teknologinya. Mulai dari rumah kaca, nuklir, industri, logging, sampe sekecil kutil kayak nyampah di empang.

Bisa nemuin plastik, tapi ga tau gimana cara ngehancurinnya. Dibakar bisa nimbulin gas beracun. Dikubur butuh ribuan taon.

Bisa bikin indutri ringan ampe berat, tapi ga tau cara ngelola limbah.

Yah, gw juga salah satu oknum yg dengan gobloknya mengikuti arus. Tapi disaat gw cuman bisa ngebacot, masih ada orang2 yg peduli alam. Meskipun usaha mereka ga sebanding dengan kegiatan destruktif manusia lainnya.

Klo pun alam yg nantinya bakalan ngemusnahin manusia, gw sih nerima2 aja. Toh manusia jg yg pd akhirnya musti tanggung jawab. Tapi mo tanggung jawab dalam bentuk apa?

Menurut gw sih bisa aja global warming diperlambat meskipun ga bisa dicegah. Klo setiap manusia di dunia nanam pohon mangga, karet, ato jengkol (yg penting pohon asal bukan pohon toge), bisa ngurangin polusi berlebih akibat kendaraan ato mesin industri.

Klo setiap manusia bener2 buang sampah pada tempatnya. Waw, kayaknya sih ini paling susah meskipun yg paling gampang.

Klo jumlah sepeda ontel lebih banyak dari mobil ato motor. Wow, polusi berkurang, namun betis berkonde.

Dan kalau2 lainnya yg bener2 kaya manusia purba. Satu2nya kelebihan manusia purba dibanding manusia modern yaitu mereka ga nyampah dan ngerusak alam sebanyak manusia modern.


Well, segini aja pemikiran gw yg gw tau meskipun gw tulis sepanjang2 kolor tetep aja ga ada abisnya. Pemikiran yg selalu berputar2 yg cuman mampir sekilas karena dikalahkan oleh pemikiran2 bodoh lainnya.

1 comment:

T- said...

beuh,,,, gila lagi kesambet apa lo tiba2 ngoceh soal beginian?? whauhauaha

demo,,,gw sangat mendukung tiap org tanem satu pohon!! berhubung katanya satu pohon sebenernya cuma cuup nghasilkan oksigen buat satu individu doang,,

ntar lo tanem pinus, gw tanem bonsai,,,soalnya kebutuhan oksigen lo pasti lebh banyak =P

apalagi jalan2 depan WTC,,beuh,,,bisa2 5 taon mendatang jadi tumpukan debu,,